Friday, June 22, 2007

Tahukah Anda (1)

‘Buku’ yg Amat Menakjubkan

Sebuah buku yg isinya banyak memberi manfaat. Memberi informasi, pengetahuan, memberi hikmah, memberi inspirasi untuk berbuat dan berkarya.
Munkin buku yg semacam itu banyak didapatkan. Dan sudah semestinya seperti itu, adanya sebuah buku.

Ini laen. Beda. Sebuah buku yg sering dikaji. Dan selalu dikaji, serta akan terus ditelaah. Berulang-ulang. Tidak habis ilmu/manfaat yg diperoleh darinya. Senantiasa ada hal baru yg didapat ketika membacanya kembali.
Semua (bidang) ilmu terangkum dan cocok dengannya. Dari sosialnya, politik, ekonomi, budaya, ideology, keamanan/pertahanan, sains, sampai hal kenegaraan. Menjelaskan masalah yg lalu. Menjadi bukti pada masa sekarang. Sebagai pegangan untuk rencana ke depan.

Banyak orang yg tersadar akan hidupnya, bangkit dari kejatuhannya, kembali dari jalannya yg sebelumnya menyimpang, insaf dari kesalahannya, setelah berinteraksi dengan buku ini. Terkadang hanya karena (setelah) mendengar suara orang yg membaca buku ini; dari orang yg membaca dengan kejujurannya. Terkadang, itu terjadi ketika dia membacanya sendiri, dengan hati beningnya.

Makin menakjubkan lagi, ketika (ternyata) tidak sedikit orang yg mau menghafal buku ini. Tidak sekadar menghafal hanya tau isinya. Benar-benar menghafal. Sampai-sampai pada titik komanya. Tidak ada yg terlewat sedikit pun. Hingga mereka akan tau, ketika ada orang yg keliru dalam membaca tulisan buku ini.
Orang-orang (yg menghafal) ini bukanlah orang gila. Hanya karena menghafal sebuah buku. Menghafal persis sama sekali. Pleg. Ga kurang ga lebih. Mereka bukanlah orang yg gila, yg kurang kerjaan. Buku ini memang menakjubkan. Bagi orang yg menghafalnya (dan menjaganya), akan mendapatkan kebaikan-kebaikan dan manfaat lainnya. Tidak ada buku lain yg seperti ini, yg membuat orang mau menghafalnya, seluruh isinya.

Kita semua sebenarnya sudah ngga asing dengan buku ini. Al-Quran. Ya inilah ‘buku’ yg dimaksud. ‘Buku’ yg amat menakjubkan. Yg banyak manfaatnya, bermutu, terjamin kualitasnya. Hanya sayang, banyak dari kita yg melalaikannya.
‘Buku’ yg amat menakjubkan. Yg jarang ato ga pernah disebut buku (dlm bahasa kita, Indonesia).

Dzaalikal kitaabu laa roiba fiih... itulah al-kitab (Al-Quran), tidak keraguan padanya...

Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk dzikir (pelajaran / diingat), maka adakah orang yang mengambil pelajaran? [Al-Qamar: 17]

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya. [Al-Hijr: 15]

No comments: