Friday, August 3, 2007

R e m

Alhamdulillah, beberapa hari lalu motorku telah kembali normal, ‘kehidupan’ku pun kembali normal juga. Motorku (hehehe...tepatnya motor kantorku) baru diservis bagian rem depannya yg cakram itu: ganti kampas rem, tambah minyak rem, de el el. Tiga hari sebelumnya merupakan hari-hari yg cukup ‘menyiksa’ bagiku. Bagaimana tidak, rem belakang motor ini dah kurang bagus; dah gitu rem depannya lebih parah lagi, ga berfungsi, alias blonk…!! Aku yg biasanya naek motor cukup laju akhirnya harus menyesuaikan dengan kondisi ini. Sebenarnya aku sendiri penginnya pelan2 aja kalo naek motor. Tapi berhubung manajemen waktuku termasuk kurang bagus, maka aku sering merasa banyak hal yg perlu dilakukan segera. Karena perlu segera, berarti aku harus cepat2 menuju ke sana, kalo kebetulan tempatnya tidak dekat. Harus cepat2 berarti aku harus laju mengendarai motorku, ato ... ngebut.

Kebayang kan jadinya, gimana rasanya kalo kita yg biasanya begitu, tiba2 rem motornya yg jadi andalan ga berfungsi. Klo mo diturutin terus (ngebutnya), bisa-bisa (banyak) memakan korban toh? Ya, mau ga mau aku harus mematuhi kondisi yg ada. Sesekali lah, nyatee. Sambil merenungkan dan mengambil hikmah2 yg bisa dipungut.
Betapa rem itu sangat perlu banget gitu, loh (sebenernya dah tau, sih,,cuma, jadi tambah ngeh aja, gthu lho). Kalo ada sesuatu yg hampir ketabrak (dengan berbagai kondisi dan sebabnya) yg memang harus dihindari, rem bisa difungsikan agar tabrakan tidak terjadi. Bagian kecil ini memang merupakan unsur penting pada motor/kendaraan. Menjadi alat vital, gitu. Yg dengan tidak adanya menjadi sangat beresiko.

* * *
Kayaknya hidup ini juga memerlukan rem, deh. Hidup, mulai dari bangun tidurnya, mandinya, berpakaiannya, makannya, minumnya, kerjanya mencari nafkah, bermainnya, beribadahnya, sampai tidurnya kembali –dan juga aktivitas laennya dalam hidup kita– perlu dilakukan sedemikian rupa agar seimbang dan mendatangkan manfaat. Kalo ada salah satu ato beberapa bagianya yg kelajuan, perlulah untuk direm. Ditahan sedikit, lebih dikendalikan lagi.

Misal, kalo suka makan makanan terntentu, makanlah secukupnya aja, walo stok makanan itu menumpuk. Ga bagus buat kesehatan kalo berlebihan. Juga, ga bagus buat kantong kita, heheheh makin cepet nanti kempesnya. Selain itu, sebenernya juga berpengaruh pada sikap mental kita, seperti bisa membuat kita jadi malas. Bagus, klo emang ada (makanan) yg berlebih, dan kita sudah merasa cukup, yaa dibagi-bagi ke sekitar kita. Itu bisa membuat orang senang, bahagia. Biasanya mereka akan mendoakan kita. Insya Allah kita bisa menjadi lebih baik lagi, bisa mendapatkan yg laen lagi. Bisa berbagi lagi.

Misalnya lagi kalo kita dah pensiun, eheheheh…ato belum/ga punya kerjaan, dah gitu kita punya uang banyak lagi, dah gitu lagi kitanya suka ama yg namanya tidur,, udah deh, bisa tidur seharian ituu. Yaa tetep ajalah, bagusnya tidur tuh seperlunya. Ya, ga? Walo kita ga punya kerjaan, duitnya banyak, tidurlah secukupnya, manfaatkan waktu lain untuk aktivitas laennya. Hobi qo tidur, munkin ada yg begitu ya?? Tanpa hobi tidur pun, kalo kita mo itung2 waktu tidur kita, selama hidup kita (diasumsikan jatah umut kita 63taon, misalkan), dengan rata2 tidur 7-8jam sehari, kita akan kaget …berapa banyak waktu yg kita pake buat tidur duank selama hidup kita. Ayo..ayo..semangat!!

Lagi, misal yg laen adalah sedih dan duka. Ini adalah bagian dari hidup manusia. Kadang ada orang yg menikmati kesedih-dukaannya dengan mendayu-dayu; menikmati banget gitu. Sampe membawa beliaunya terbang entah ke mana, ke alam impiannya. Ada lho, yg gitu. Yg nulis, klo ga kliru, kayaknya pnah ngalamin deh. Hueheheheheh… Harus segera sadarlah kalo terjadi yg kek ginian. Ga produktif banget gitu. Mending secukupnya, bisa setelah itu ditulis deh. Tapinya juga, kalopun mo ditulis, ditulisnya juga yg bisa memberi manfaat, ada hikmahnya; jangan memperpanjang kesedih-dukaannya lagi. Hmm….gitu, ya??

Yup, gitu deh. Kita mesti pande2 mengatur hal2 kita. Kalo ada salah satu ato beberapa yg berlebihan, otomatis itu akan mengurangi bagian yg laen dari diri kita. Yaa pokoknya diatur ajalah, gimana biar bisa seimbang.

Btw, tentang ngebut ato laju dalam berkendaraan, terkadang memang diperlukan (eh, bener ga, sih??). Ya, bisa dibilang ini menjadi salah satu ketrampilan yg sewaktu-waktu di tempat tertentu, untuk suatu keperluan, memang patut diterapkan. Tentunya tetep dengan memperhatikan kondisi lingkungan dan kendaraannya ya.
Kalo buat pak pulisi, harus bisa kali, ya??

2 comments:

angin-berbisik said...

rem emang harus dicek terus mas...dan lebih baik lagi kalau servis motornya rutin...

m.salahuddin said...

sbagian cerita yg ga tampil: sbnarnya dah biasa servis rutin, ga tau yg terakhir itu dah dsmpaikan salah 1 keluhannya itu rem depan, tnyata g diapa2in. Tmn kantor aq minta kbl lg ke bengkel mbetulin remnya; dah bener sebentar,, sehari kemudian eeh..malah blonk kekgitu. itu dah hari jumat, ..aq rada males ke bengkel,, jd yaa tunggu mpe hr senin, mbake :))